Saya Mahasiswa Tahun Ketiga

Hari ini adalah hari kedua di Jatinangor karena kemaren sore baru saja sampai disini. Setelah lebih dari sebulan lalu menghabiskan waktu di kampung sekarang saatnya kembali lagi ke perantauan. Lihat-lihat Jatinangor selintas tidak terilhat perubahan yang begitu berarti hampir sama saja dengan waktu saya sebelum pulang dulu. Di kosan hanya ada sedikit perubahan yaitu kamar dan dinding-dinding luar baru dicat hingga terlihat lebih cerah. Diluar juga hampir sama saja,masih ada rumah makan Risa,Ampalpal,Asupal (istilah yang biasa digunakan oleh penghuni Avicenna),dan safari yang tiba-tiba di sulap jadi rumah makan padang tempat saya sehari-hari mencari makanan.

Tapi ada satu yang berubah dibanding tahun lalu saat baru tiba juga disini,perubahan yang tidak akan terlihat begitu jelas tapi justru disitu tujuan yang sebenarnya yaitu saya sudah mahasiswa tahun ketiga. Tidak terasa,sungguh sangat tak begitu terasa ternyata sekarang saya mendiami Jatinangor ini labih dari dua tahun dan berarti pula saya sudah menjalain pendidikan di Fakultas Kedokteran UNPAD selama itu juga. Anak kedokteran tahun ketiga?? Apa yang bisa kamu lakukan?? Rasanya masih sangat kurang untuk menjadi seorang dokter dan menjadi apa yang ditargetkan empat atau lima tahun lagi. Masih banyak hal yang perlu dilakukan dan masih banyak hal yang perlu dipelajari untuk menjadi seorang Five Star Doctor yang diawal dulu begitu sering dieluh-eluhkan.

Untuk menjadi seorang dokter yang nanti disayang oleh pasiennya,disukai oleh masyarakat memang tidak gampang,butuh kerja keras dan ketekunan untuk mempelajari apapun yang dibutuhkan untuk menjadi dokter seperti itu dan sudah harus dimulai dari sekarang justru bahkan sejak dua tahun lalu saat dinobatkan sebagai mahasiswa kedokteran. Tanggung jawab itu semakin besar karena dari ribuan orang yang meminati jurusan ini kita lah salah satu dari 200 orang yang terpilih dari ribuan itu. Cita-cita dan niat mereka secara tidak sengaja dialihkan kepada kita yang sekarang berada disini.

Tujuan memang besar dan begitu juga dengan tanggung jawabnya,sudah saatnya untuk mengakselerasi kecepatan menuju pencapaian yang lebih tinggi ditahun ketiga ini. Dengan lingkungan yang sangat mendukung untuk menjadi lebih baik tidak seharusnya disia-siakan. Hidup memang akan selalu dihadapkan pada pilihan-pilihan tergantung kita pilih yang mana dan disetiap pilihan itu pasti selalu ada pilihan yang terbaik. Salah satunya adalah pilihan mau seberapa cepat kita untuk berubah dalam mengisi kekosongan-kekosongan slot yang dibutuhkan untuk menjadi seorang dokter yang kita sebut diatas tadi.

Yah sekarang saatnya untuk memulai lagi semuanya demi sebuah Pencapaian. Tahun ketiga sudah didepan mata. Saatnya menjadi lebih baik dari sebelumnya dan menjadi lebih bermanfaat bagi orang lain dan selalu sungguh dalam menjalani sesuatu.

Ya Allah saya manusia hanya bisa berencana tapi selebihnya Engkau lah yang menentukan,tuntunlah saya untuk selalu komitmen dengan apa yang saya ucapkan dan menjalani apa yang saya rencanakan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar