mypersonality.info=ENTJ

Berawal dari perjalanan yang cukup jauh antara Jakarta dan bandung. Suasana hening diisi dengan pembicaraan yang menurut saya pribadi mengandung begitu banyak makna seolah membuat perjalanan dua jam lebih itu serasa hanya beberapa menit. Salah satu makna yang dapat saya ambil dari perjalanan kali itu adalah pentingnya untuk mengenal siapa saya sebenarnya. Setelah lelah seharian “rapat” FULDFK DEW 3 yang diakhiri dengan buka puasa bersama akhirnya setelah shalat magrib dan isya perjalanan pulang pun dimulai. Dalam pembicaraan kali itu dibahas kalau kita ingin memahami orang lain maka pahami diri kita terlebih dahulu. Dan untuk menghapadi orang lain pun kita juga harus memahami karakter mereka dengan memahami karakter kita terlebih dahulu.

Entah dari mana awalnya hingga waktu itu dalam pembicaraan kami muncul kata-kata istilah “INTJ” “ENTJ” dan lain-lain. Awalnya saya tidak mengerti apa yang dimaksudkan hingga akhirnya muncul clue ternyata itu adalah istilah yang digunakan untuk pengelompokan kecenderungan kepribadian seseorang.

Sesampainya dikosan saya langsung menunaikan rasa penasaran saya hingga akhirnya saya membuka sebuah situs yang digunakan untuk melakukan test tersebut. www.mypersonality.info (telah dikasih tahu sebelumnya saat pembicaraan dalam perjalanan)

Dengan mengisi puluhan pertanyaan tentang kecenderungan sikap kita terhadap sesuatu hingga muncul hasil yang ditunggu-tunggu. Dengan deg-degan seperlunya plus sedikit rasa penasaran setelah puluhan detik loading akhirnya hasilnya muncul. Saya itu ENTJ. (yang jelas bukan I'M GJ..hehe)


ENTJ - The "Chief"

ENTJs are strategic, organized and possess natural leadership qualities. They are master coordinators that can effectively give direction to groups. They are able to understand complicated organizational situations and quick to develop intelligent solutions. ENTJs are outspoken and will not hesitate to speak of their plans for improvement. They are decisive and value knowledge, efficiency and competence. ( pokoknya gitulah..mudah-mudahan pembaca adalah ahli bahasa yang satu ini)

biasanya orang-orang ENTJ ini akan sedikit bentrok jika bekerja sama dengan sesama ENTJ dengan kekurangannya dia ingin lebih dominan dan takutnya berujung egois.

Details

Preferences
Extraverted
iNtuition
Thinking
Judging

Temperament
NT (Intellectual)

ENTJ Population
Total: 3%
Male: 4.5%
Female: 1.5%

Primary Function
Extraverted Thinking
Thinking people make decisions based on logic, so the Extraverted thinking function allows a person to organize and categorize things, thoughts or arguments. It is the ability to see the logical consequences of actions. It follows sequence and organization.

They said about the ENTJ
"ENTJs are natural born leaders. They live in a world of possibilities where they see all sorts challenges to be surmounted, and they want to be the ones responsible for surmounting them. They have a drive for leadership, which is well-served by their quickness to grasp complexities, their ability to absorb a large amount of impersonal information, and their quick and decisive judgments."
- Portrait of an ENTJ (The Personality Page)

"...have a strong natural urge to give structure and direction wherever they are -- to harness people in the field and to direct them to achieve distant goals."
- The Portrait of the FieldMarshal Rational (Keirsey)
"leader, ambitious, hard working, dominant, prepared, hates to be bored, confident, opinionated, analytical..."
- Jung Type Descriptions (ENTJ) (similarminds.com)

Hehe biar tidak mengurangi makna yang terkandung didalamnya maka tidak saya translate ke bahasa Indonesia (membuat pengakuan akan nilai TOEFL yang ga mumpuni)

Penasaran?? Tertarik?? Mau ikutan mencoba silahkan ke www.mypersonality.info

1 komentar:

  1. haha.. penasaran juga tho nes akhirnya,
    mmg generasi k'kian -> ENTJ mania

    BalasHapus