Daftar Penulis Buku Jalan Menuju Dokter Muslim/ JMDM

Alhamdulillah, melalui sayembara yang saya adakan beberapa waktu lalu telah terpilih tulisan-tulisan terbaik yang insyaAllah menginspirasi kita semua. Tulisan-tulisan ini menggambarkan kisah nyata yang dialami penulis selama menjalani pendidikan kedokteran. Perjalanan dan lika-liku selama menjalani pendidikan kedokteran ini semakin mendekatkan diri para penulis pada Sang pencipta, membuat para penulis ini semakin menggagungkan kebesaraan Allah, hal ini tergambar dari tulisan-tulisan yang terangkum dalam buku JALAN MENUJU DOKTER MUSLIM : Catatan Harian Calon Dokter. Atau yang populer dengan sebutan JMDM.

"Buku ini adalah kumpulan kisah nyata mahasiswa kedokteran selama menjalani pendidikan. Cerita-cerita nyata yang menggugah dan menginspirasi. Buku ini menguak sisi lain dari pendidikan kedokteran. Para penulis mengingatkan kita kembali untuk menjadi dokter yang tidak hanya sekedar dokter. Tapi lebih dari itu. Dokter yang dalam kehidupan sehari-harinya mencerminkan akhlak yang mulia yang akan menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat, menjunjung tinggi kejujuran dan keadilan terhadap semua pasiennya, memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan, serta melakukan perbaikan signifikan dalam masyarakat, serta menginspirasi kita akan pentingnya peran profesi yang satu ini dalam mengembangkan dan membentuk masyarakat madani di masa depan.
"


Berikut saya paparkan profil kontributor buku JMDM:
1. Emy Kusmiawaty. Dia adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Wijaya Kusuma, Surabaya, angkatan 2009. Dia juga berprofesi sebagai penulis di Penerbit Pustaka Obor Populer.

2. Anggea Rachmiawaty, S.Ked, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran angkatan 2006. Masih mempertanyakan tentang takdirnya kenapa memilih dunia kedokteran, tak membuatnya gamang, ia aktif di berbagai lembaga kemahasiswaan diantaranya Senat Mahasiswa dan DKM Asy-Syifaa’ FK UNPAD.

3. Poby Karmendra, dr., mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas angkatan 2005. Saat ini dia sudah diamanahkan resmi menjadi seorang dokter. Dia aktif sebagai pengurus Forum Studi Kedokteran Islam (FSKI) FK UNAND dan juga sebagai pengurus hingga terakhir menjadi ketua Dewan Pembina Organisasi (DPO) FULDFK tahun 2010-2011.

4. Rafky Yanuar, S.Ked. Saat menulis cerita ini dia adalah Sarjana Kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara, Medan. Dia menjabat sebagai Ketua Umum Badan Kerohanian Mahasiswa Thibbul Mu’min (BKM-TM) FK UISU Periode 2008-2009. Dia juga aktif sebagai pengurus Departemen P&K Dewan Eksekutif Pusat (DEP) FULDFK ditahun selanjutnya.

5. Rizki Amalia, S.Ked, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran angkatan 2007. Selama menjadi mahasiswa dia aktif di berbagai organisasi kemahasiswaan, diantaranya sebagai pengurus departemen Kaderisasi dan Dewan Pendamping Organisasi (DPO) DKM Asy-Syifaa’ FK UNPAD.

6. Chicy widya morfi. Dia adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran angkatan 2008. Aktif di organisasi-organisasi intra kampus, salah satunya menjadi pengurus Kaderisasi DKM Asy-Syifaa FK UNPAD periode 2009-2011.

7. Reagan Resadita, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada angkatan 2009.

8. Irzal Rakhmadani adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat angkatan 2009. Aktif di berbagai organisasi, salah satunya sebagai pengurus KSI Asy-Syifa FK UNLAM periode 2011.

9. Nestri, S.Ked, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjadajran angkatan 2007. Ia aktif sebagai pengurus DKM Asy-Syifaa’ FK Unpad tahun 2009. Sekarang Ia sedang merintis program sosial pendidikan dengan nama Nadezda Act.

10. Maryam, S.Ked, mahasiswa kedokteran Universitas Padjadjaran angkatan 2007 ini adalah salah satu aktivis lembaga dakwah fakultas kedokteran. Ia aktif di DKM Asy-Syifaa’ FK Unpad, salah satunya sebagai Kepala Departemen Kemuslimahan DKM Asy-Syifaa’ 2010.

11. Muchtar Hanafi, S.Ked, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS), Solo, angkatan 2007. Dia pernah menjabat sebagai ketua DEW 4 FULDFK tahun 2009, ketua SKI FK UNS tahun 2010. Dia juga merupakan Mahasiswa Berprestasi Utama UNS dan Terbaik ke-6 Nasional tahun 2010.

12. Naenda Stasya, dr. Saat menuliskan cerita pengalamannya ini Naenda sudah menambahkan satu gelar di belakang namanya, S.Ked. Dia adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2005. Saat ini sudah menjadi dokter.

13. Hendri Okarisman. Dia adalah mahasiswa Pendidikan Dokter FK Universitas Muhammadiyah Yogyakarta angkatan 2008. Dia aktif sebagai Lembaga Dakwah tingkat fakultas maupun universitas di kampusnya, salah satunya sebagai pengurus Unit Kerohanian Islam JAA UMY.

14. Intan Risna Dewi, S.Ked. adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjadajran angkatan 2006. Aktivitasnya di kemahasiswaan tak jauh dari organisasi keislaman. Pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Media DKM Asy-Syifaa FK UNPAD periode 2009 dan Kepala Departemen Informasi dan Teknologi Forum Ukhuwah Lembaga Dakwah Fakultas Kedokteran Indonesia (FULDFK) periode 2010-11.

15. Feni Dwi Lestari, dr. Saat ini ia sudah menjadi dokter alumni Fakultas Kedokteran Universitas Andalas tahun 2011. Ia menyelesaikan pendidikan dokternya selama enam tahun sejak tahun 2005.

16. Sofa Rahmannia, S.Ked, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran angkatan 2007. Dia adalah satu pengurus Departemen Medical Islam DKM Asy-Syifaa FK UNPAD tahun 2008-2010 dan pernah menjadi Kepala Divisi Kajian Kedokteran Islam FULDFK tahun 2010.

17. Erna yulida. Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat angkatan 2009. Dia aktif sebagai pengurus Departemen kaderisasi KSI Asy-Syifa tahun 2011 dan juga menjadi pengurus Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI)

18. Cherish Idea Anissa Istanto, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta angkatan 2008. Ia aktif sebagai pengurus SKI Al-Jundi FK UMY 2010 dan juga sebagai pengurus Departemen pengembangan LDFK dan Kaderisasi FULDFK.

19. Nesta Enggra, S.Ked. Pencetus ide untuk melahirkan buku ini. Saat ini saya sedang menjalani pendidikan sebagai dokter muda di Universitas Padjadjaran/ Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung. Mahasiswa FK UNPAD angkatan 2007, saat ini diamanahi menjadi Ketua Umum Forum Ukhuwah Lembaga Dakwah Fakultas Kedokteran Indonesia (FULDFK).


Selamat kepada semua kontributor. Selamat Menginspirasi. Semoga karya kita menjadi inspirasi bagi orang lain untuk ikut membuat karya terbaik. Karya ini kami persembahkan untuk bangsa, negara, dan islam.


Jika kau temukan gelap, maka kenapa kamu tidak menjadi lilin. Kecil namun menerangi.

JALAN MENUJU DOKTER MUSLIM : Catatan Harian Calon Dokter

2 komentar: